Kamis, 18 April 2013

Jenis Chocolate Baking

COKLAT, chocolate, çikolata, cioccolato, Schokolade, チョコレート..........

Yang membedakan berbagai macam jenis coklat itu adalah kadar lemak coklatnya (cocoa butter, CB). makin tinggi prosentase CB nya maka makin bagus dan mahal coklatnya. Sayangnya si-CB ini punya titik didih yang rendah alias gak tahan panas dan gampang lumer sehingga menyulitkan distribusi coklat di negara2 iklim tropis (makanya coklay mahal n enak2 itu pasti impor ^^).
Biji coklat yang udah dikeringkan dan dihilangkan CB-nya disebut dengan Cocoa Powder alias Coklat bubuk.

COUVERTURE CHOCOLATE

Komposisi cocoa powder yang dimasak dengan 100% CB menghasilkan Couverture Chocolate. Rasanya melty banget,kena suhu tubuh aja langsung lumer. Bentuknya ada yang batangan dan ada juga yang bentuknya bulat kecil mirip kancing. Bagus banget digunakan untuk isian cake coklat yang ada sensasi melted nya kaya chocolava cake atau melted brownies. Sayangnya coklat ini agak sulit ditemukan di TBK, karena mahal.
  

COMPOUND CHOCOLATE
Komposisi Cocoa powder yang dimasak dengan CB yang dicampur dengan vegetable oil, campuran (compound) kedua lemak inilah yang disebut Compound Chocolate. Tujuan penambahan vegetable oil ini untuk meningkatkan titik didih si coklat agar gak gampang lumer. Hal ini lah yang membuat coklat jenis ini lebih banyak digunakan di daerah tropis trmasuk negara kita.
Bahkan cara mengenali coklat dengan kwalitas jelek gampang banget. Coba aja emut coklatnya, klo gak lumer dan digigit/dikunyak baru bisa ditelan, itu artinya kwalitas coklatnya jelek. Itu karena coklatnya cuma mengandung cocoa powder dan vegetable oil tanpa CB samasekali.

ini jenis compound chocolate yang biasa saya gunakan :
colatta termasuk compound kwalitas yang bagus karena coklatnya tdk terlalu keras dan gampang lumer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar